Sebaran.com, — Bagian Psikologi Biro SDM Polda Sulawesi Selatan melaksanakan kegiatan pemeriksaan Psikologi dalam rangka Pinjam Pakai Senpi Organik Polri, Pemeriksaan Psikologi Berkala dan Mapping Psikologi kepada Personel Polres Palopo, Luwu, Luwu Utara dan Luwu Timur,

Kegiatan tersebut berlangsung mulai Senin, hingga Kamis, 26 s/d. 29 Februari 2024 dan dilaksanakan di Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Kabupaten Luwu Utara dan Kabupaten Luwu Timur.

Kompol M. Asep Muharam, S.Psi., M,Psi., Psikolog selaku Kasubbag Psipers Biro SDM Polda Sulsel, menyampaikan kegiatan yang diikuti sekitar 1.000 Personel Polri ini bertujuan mengetahui kondisi psikologis personil dan merupakan pemeriksaan kondisi psikis bagi yang akan izin pinjam pakai senpi guna mengevaluasi dan memastikan bahwa setiap personil polri yang membawa senjata api memahami tanggung jawab yang menyertainya dan memiliki kestabilan psikologis yang dapat dipercaya.

Pemeriksaan psikologi ini wajib bagi seluruh personil baik yang akan memegang senjata api maupun personil yg tidak memegang senjata api, adapun tujuan dari pemeriksaan psikologis ini adalah untuk mengukur dan mengevaluasi fungsi psikologis personil, seperti kemampuan kognitif, kepribadian, kecenderungan emosional, dan perilaku.

Sedangkan untuk pemeriksaan psikologi senjata api ini dilaksanakan bagi personil yang sudah bersenjata dan juga bagi mereka yang sedang mengajukan izin untuk membawa senjata api, selain itu juga dgn dilaksanakan pemeriksaan psikologi ini bertujuan untuk mengukur kondisi psikologis agar tidak menimbulkan ancaman nyata terhadap keselamatan dan keamanan pribadi personil Polri maupun masyarakat umum.

Pelaksanaan Pemeriksaan psikologis ini dilaksanakan di empat tempat yg berbeda yaitu Aula Tantya Sudhirajati Polres Palopo, Aula Tebakke Tongengge Polres Luwu, Aula Rarja Arya Racana Polres Luwu Utara dan Ruang kelas UPTD SMPN 1 Malili Luwu Timur.

Dalam Kegiatan tersebut, para personil Bag Psikologi Biro SDM Polda Sulsel memberikan Arahan tentang tata cara pelaksanaan Pemeriksaan Psikologi dalam rangka Pinjam Pakai Senpi Organik Polri, Pemeriksaan Psikologi Berkala, Mapping Psikologi kepada personel Polres Seluwu Raya.

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com