Sebaran.com, Sidrap — Kabupaten Sidrap tampil sebagai juara umum lomba dan kontes ayam ketawa Gubernur Cup 2023 di GOR Sudiang Makassar, Jumat (10/11/2023).

Utusan Bumi Nene Mallomo memenangi tiga dari lima kategori lomba. Kategori itu yakni cempreng, horor, dan lucu.

Acara berlangsung meriah, disaksikan langsung Pj. Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, bersama Forkopimda Sulsel.

Tampak pula Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulsel, pimpinan Bank Sulselbar, para mitra dan stakeholders bidang peternakan.

Bahtiar mengatakan, lomba tersebut untuk melestarikan ayam ketawa di Sulawesi Selatan. Ia juga berharap, kegiatan mendorong sumber pendapatan pecinta dan pembudidaya ayam ketawa.

“Kontes ini sangat baik untuk menggaungkan kembali ayam ketawa yang saat ini populasinya mulai tergerus. Diperkirakan populasinya sekitar 4000 ekor tersebar di Sulawesi Selatan,
yang pasti populasi terbanyak masih di Sidrap dan Pinrang,” ungkapnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap, H. Basra hadir mewakili Bupati menerima tropi piala bergilir. Ia mengapresiasi penggemar ayam ketawa di Kabupaten Sidrap.

“Ayam ketawa ini sangat penting dilestarikan karena ini kebangaan masyarakat Sidrap,” lontarnya.

Ditambahkannya, Sidrap wajib mempertahankan prestasinya dan menjadi pemicu untuk lebih menggeliatnya pencinta ayam ketawa, dan menjadikan Sidrap dikenal luas hingga tingkat nasional.

“Ayam ketawa lestari, ekonomi masyarakat pencinta dan pembudidaya meningkat,” tuturnya.

Sementara itu, Kabid Peternakan Sidrap, Haris Alimin menyebut, jumlah peserta asal Sidrap sebanyak 100 yang masing-maaing membawa 1 ekor ayam.

“Ini atas kerja sama Persatuan Penggemar dan Pelestari Ayam Ketawa Seluruh Indonesia (P3 AKSI) Kabupaten Sidrap,” ujar Haris yang mendampingi para peserta.

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com