Sebaran.com, Sidrap — Wakili Dandim 1420/Sidrap, Kasdim 1420/Sidrap Mayor Arm Arie Widarto, SIP., menghadiri rapat koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bersama Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda di Aula Kementerian Agama Jalan Ganggawa No.27, Kelurahan Majjelling, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidenreng Rappang, Rabu (24/04/24).

Kegiatan rapat koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bersama Forkopimda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Kabupaten Sidenreng Rappang bertemakan pembinaan moderasi beragama terhadap tokoh agama, masyarakat dan pemuda lintas agama.

Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh Pemerintah dalam membangun, dan memelihara, memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan, FKUB bersifat independen dalam menetapkan kebijakan melalui musyawarah dan mufakat.

Kerukunan beragama bertujuan untuk menciptakan rasa kebersamaan ditengah perbedaan suku, etnis, budaya dan agama guna menjunjung hak-hak manusia dalam menjalankan kewajibannya pada suatu agama yang mereka yakini.

Pj. Bupati Sidrap diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, Drs. Muhammad Iqbal, M.Si., dalam sambutannya berharap dapat di jadikan ajang tukar pikiran bagi para generasi muda, dari berbagai agama untuk saling berdialog, bertukar pikiran dan bekerja sama dalam memecahkan berbagai permasalahan yang di hadapi.

“Melalui rapat koordinasi ini saya rasa kita dapat memperdalam pemahaman kita tentang nilai-nilai yang ada di masing-masing agama, serta membangun rasa saling menghormati dan toleransi,” harapnya.

Selanjutnya, ia juga mengajak para tokoh agama, masyarakat dan pemuda bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam memperkuat toleransi beragama di Kabupaten Sidrap.

“Karena melalui kolaborasi ini tentunya akan memperluas jangkauan dan efektivitas upaya kita dalam mempromosikan kerukunan, memperkuat toleransi dan mewujudkan masyarakat yang inklusif dan beradab,” ajaknya.

Sementara itu Kasdim 1420/Sidrap Mayor Arm Arie Widarto, SIP., menyampaikan bahwa “Menjaga dan merawat kerukunan umat beragama di wilayah Kabupaten Sidenreng Rappang adalah Harga Mati. Tentunya segala perbedaan bukan menjadikan kita terbelah namun harus sebaliknya kita harus hidup berdampingan antar umat beragama secara damai dalam semangat membingkai Bhineka Tunggal Ika Mari kita sama-sama menjaga toleransi dan saling menghormati perbedaan ini dalam pandangan persatuan dan kesatuan Bangsa”.

Kegiatan Rapat Koordinasi Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Sidenreng Rappang dihadiri oleh Pj. Bupati Sidrap diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Muhammad Iqbal, M.Si., Dandim 1420/Sidrap diwakili Kasdim 1420/Sidrap Mayor Arm Arie Widarto, SIP., Kapolres Sidrap diwakili Kasat Binmas Polres Sidrap AKP Zakariah, SH., Kepala Kajari Kab. Sidrap Hasnadirah, S.H., M.H., Kepala Kesbangpol Kab. Sidrap Drs. H. Makmur, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Sidrap DR. Muhammad Idris Usman, S.Ag,.MA., Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Sidrap diwakili Wakil Ketua FKUB H. Muh. Ramli, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Pemuda Kabupaten Sidenreng Rappang. (*)

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com