Sebaran.com, Jakarta — Setelah sukses menjalankan misi bantuan kemanusiaan di Gaza, Palestina, Hercules TNI AU C-130 J (A-1340) kembali tiba di Tanah Air. Pesawat tersebut disambut langsung oleh Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto di Base Ops Lanud Halim Perdana Kusuma, Kamis, 11 April 2024, pukul 17.00 WIB.

Hercules TNI AU C-130 J (A-1340) telah berangkat menuju Jordania sejak 29 Maret 2024 untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat Gaza. Misi ini berlangsung selama 14 hari dan dijalankan oleh mission Commander Kolonel Pnb Noto Casnoto Danwing I Halim Perdanakusuma bersama 26 personel lainnya.

Misi bantuan kemanusiaan ini diberi sandi “Solidarity Path Operation”. Panglima TNI menekankan bahwa partisipasi dalam operasi ini menunjukkan kemampuan TNI dalam bekerja sama dengan militer negara lain dan merupakan bukti keberhasilan diplomasi militer Indonesia di kancah internasional.

Panglima TNI juga menyampaikan rasa syukur karena bantuan kemanusiaan ini berhasil dilaksanakan satu hari sebelum hari raya Idul Fitri. Menurutnya, ini merupakan momen yang tepat dan bermanfaat untuk meringankan beban saudara-saudara di Palestina.

Dalam acara penyambutan ini, Panglima TNI juga memberikan penghargaan Dharma Pertahanan secara simbolis kepada personel yang telah sukses menjalankan misi bantuan kemanusiaan di Gaza. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan kerja keras mereka dalam menjalankan misi negara ini.

Acara penyambutan ini juga dihadiri oleh para Kepala Staf Angkatan dan pejabat di lingkungan Mabes TNI, TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Mereka semua turut merayakan kedatangan pesawat Hercules yang telah berhasil membawa misi bantuan kemanusiaan.

Kedatangan Hercules TNI AU C-130 J (A-1340) ini tidak hanya menjadi simbol keberhasilan misi kemanusiaan di Gaza, tetapi juga menjadi bukti komitmen dan dedikasi TNI dalam membantu masyarakat internasional. Dengan suksesnya misi ini, diharapkan dapat memperkuat citra positif TNI dan Indonesia di mata dunia.(*)

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com