Sebaran.com, Sidrap — Hidup di era modern saat ini, kenyamanan dan kebersihan menjadi salah satu hal yang sangat penting, terutama saat berbelanja di pasar tradisional. Pasar Rakyat Pangkajene Sidrap menjadi salah satu contoh pasar yang mampu mencapai standar tersebut.

Dalam kunjungan media ke Pasar Rakyat Pangkajene Sidrap, Sabtu, 3 Februari 2024, terlihat dengan jelas bahwa pedagang dan pengelola pasar menjaga kebersihan dan keteraturan tempat tersebut dengan sangat baik. Pedagang diberikan pembatasan area jualan masing-masing, sehingga tak ada kerumunan atau penuh sesak di dalam pasar.

Begitu juga dengan pemasangan tarif dan pembatasan harga yang terbukti efektif. Hal ini membuat harga di pasar ini terkendali, seragam, dan tidak membingungkan pelanggan. Menurut beberapa pengunjung, kenyamanan dan ketertiban di pasar ini sangat membantu mereka dalam mencari barang yang dibutuhkan.

Menurut Kepala UPTD Pasar Rakyat Pangkajene, Asri, penataan pasar ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan pelayanan kepada para pedagang serta meningkatkan kualitas dan kebersihan pasar. Pasar Rakyat Pangkajene Sidrap juga menjadi salah satu tempat yang selalu menjadi primadona bagi para pekerja, warga sekitar, hingga wisatawan yang sedang berkunjung ke Sidrap.

Pasar ini juga menjadi contoh unggulan bagi pasar tradisional lainnya di Sidrap. Pengelolaannya yang professional, bersih, dan teratur, membawa dampak positif pada keberlanjutan usaha para pedagang di pasar ini. Hal ini juga mendukung perekonomian masyarakat di sekitar pasar, karena semakin menarik minat pembeli.

Tak hanya itu, Pasar Rakyat Pangkajene Sidrap juga menjadi inspirasi bagi para pengelola pasar tradisional di daerah lain untuk meningkatkan kualitas tempat berbelanja mereka. Menyadari pentingnya hal ini, Asri berencana untuk mengadakan pelatihan dan sosialisasi kepada pengelola pasar di wilayah Sidrap, sehingga semua pasar tradisional bisa mengikuti jejak keberhasilan Pasar Rakyat Pangkajene.

Namun, tidak hanya penataan dan kebersihan pasar yang menjadi fokus, Asri juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas barang yang dijual di pasar tersebut. Dia berharap agar pedagang di pasar ini bisa menjaga kualitas produk mereka, sehingga dagangan yang dihasilkan bisa semakin berkualitas dan dipercaya oleh para konsumen.

Diharapkan keberhasilan Pasar Rakyat Pangkajene Sidrap menjadi penyemangat bagi semua pedagang dan pengelola pasar tradisional di seluruh Indonesia untuk terus menjaga kebersihan, keteraturan, serta meningkatkan kualitas dan pelayanan bagi pelanggan. Pasar tradisional adalah bagian penting dari budaya dan kehidupan masyarakat Indonesia, oleh karena itu, menjaga dan memajukannya menjadi tanggung jawab kita bersama.(*)

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com