Karimun, Sebaran.com, — Bupati Karimun Aunur Rafiq secara resmi meresmikan operasional Stasiun Pengisian Bulk Elpiji (SPBE) serta dermaga bongkar muat curah kering atau cair PT Pelabuhan Karimun di pelabuhan Roro Malarko, Sememal, Kelurahan Pasir Panjang, Kecamatan Meral Barat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Kamis, 6 Juni 2024.

Keberadaan SPBE yang dikelola oleh PT. Palugada Karimun Sejahtera diharapkan dapat mengatasi kelangkaan gas elpiji, khususnya tabung 3 kilogram, di Kabupaten Karimun. Peresmian SPBE ini ditandai dengan pemotongan pita serta penandatangan prasasti oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama EGM MOR I Sumbagut PT. Pertamina Patra Niaga Freddy Anwar didampingi Direktur PT. Palugada Karimun Sejahtera, Ready Wibowo Sunardi, dan Direktur Utama PT. Pelabuhan Karimun (Perseroda) Yuwono.

Dalam acara peresmian, turut hadir Forkopimda Kabupaten Karimun, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat, Pimpinan Instansi Vertikal, pihak swasta, dan tamu undangan lainnya. Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak general manager PT Pertamina Sumbagut yang telah memberikan izin untuk beroperasinya SPBE dan dermaga bongkar muat di Kabupaten Karimun.

Bupati Aunur Rafiq menekankan bahwa setelah diresmikan, SPBE akan menjadi tempat pengisian gas elpiji subsidi atau gas 3 kilogram di Kabupaten Karimun. Selain itu, kehadiran SPBE ini diharapkan dapat menjawab keluhan masyarakat selama ini terkait pasokan gas elpiji. Dia juga berencana untuk melakukan rapat koordinasi terkait harga eceran tertinggi gas 3 kilogram, serta memastikan kontribusi Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui operasional SPBE dan dermaga bongkar muat.

Genera Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar, berpesan agar fasilitas yang telah ada dijaga dengan baik untuk memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat. Dia juga menegaskan komitmen PT Pertamina Patra Niaga untuk mendukung program-program ekonomi masyarakat yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Daerah.

Direktur PT Palugada Karimun Sejahtera, Ready Wibowo, menyambut kehadiran SPBE sebagai sejarah baru di Kabupaten Karimun dalam rangka mengisi gas elpiji subsidi. Dia berharap bahwa keberadaan SPBE ini akan memberikan manfaat besar bagi masyarakat setempat.

Direktur Utama PT Pelabuhan Karimun (Perseroda), Wiyono, menyatakan bahwa kerjasama ini merupakan tahap awal yang akan diikuti dengan terobosan baru di masa mendatang. Dengan diresmikannya dermaga bongkar muat curah kering dan SPBE, diharapkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Karimun dapat meningkat lebih baik ke depannya.(*)

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com