Sebaran.com, SIDRAP – Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sidenreng Rappang melaksanakan acara Pengukuhan dan Peneguhan Ideopolitor Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Sidrap. Acara berlangsung di Sidrap, Ahad, 17 September 2023 ini merupakan langkah penting dalam memperkuat ideologi Islam Muhammadiyah dan Aisyiyah dalam kehidupan sehari-hari.

Ideologi Menerangakan Muhammadiyah adalah gerakan Islam yang berlandaskan pada al-Qur’an dan sunnah, mengajak masyarakat untuk hidup berdasarkan tauhid, bersosial, berorganisasi, beramar ma’ruf nahi munkar, dan berjuang untuk menegakkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Peneguhan ideologi Muhammadiyah menjadi pondasi utama bagi warga Muhammadiyah dalam memahami dan menjalankan aturan dan dasar organisasi, beribadah, dan bermuamalah sesuai ruh Muhammadiyah. Hal ini juga menjadi bagian dari tujuh agenda persyarikatan dalam lima tahun ke depan, dengan tujuan menjadikan Muhammadiyah sebagai kekuatan strategis yang berpengaruh dalam memimpin masa depan umat dan bangsa.

Acara ini didasarkan pada AD dan ART Muhammadiyah, Muqoddimah AD, Kepribadian Muhammadiyah, Matan keyakinan dan Cita-Cita Hidup Muhammadiyah, Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIM), Hasil Pelaksanaan Idiopolior PW Muhammadiyah Sulsel, serta Undangam Idipolitor PDM Sidrap No. 006/III.0/A/2023 tanggal 27 Syapar 1445 / 12 September 2023.

Tujuan utama acara ini adalah menjadi salah satu pilar utama yang mengarahkan langkah organisasi Muhammadiyah mencapai keunggulan, membantu pemerintah dalam memelihara dan membangun negara untuk mencapai masyarakat adil dan makmur yang diridhai Allah SWT, serta memelihara ukhwuhah islamiyah dan semangat beorganisasi mencapai tujuan Muhammadiyah. Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk menjunjung tinggi agama Islam sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenarnya.

Peserta acara ini melibatkan PD Muhammadiyah Aisyiyah Sidrap, majelis dan lembaga, PC Muhammadiyah, dan PC Aisyiyah se-Kabupaten Sidrap. Pemateri acara ini berasal dari PW Sulsel, PDM Sidrap, dan berbagai tokoh Muhammadiyah yang kompeten.

Acara dimulai pada pukul 08.00 WITA dengan pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Irfan Munadi, S.Pd. Dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Muhammadiyah & Aisyiyah. Kemudian, Dr. Ishak Kenre, SKM., M.Kes, selaku Wakil Sekretaris PDM Sidrap, menyampaikan laporan panitia.

Acara dilanjutkan dengan pengukuhan majelis lembaga PDM Sidrap, pengukuhan PC Muhammadiyah dan PC Aisyiyah se-Kabupaten Sidrap, serta penyerahan surat keputusan kepada PCM dan PCA se-Kabupaten Sidrap.

Materi peneguhan ideopolitor dimulai pada pukul 10.30 WITA. Dr. Herman Dema, S.Pd.S.IP., M.Si, menjadi moderator untuk materi 1 dan 2, yang meliputi Ideologi dan Politik Kebangsaan oleh Dr. Husain Abd Rahman, S.Pd., M.Pd.I dari PW Muhammadiyah Sulawesi Selatan, serta Risalah Islam Perempuan Berkemajuan oleh PW ‘Aisyiyah Sulawesi Selatan.

Selanjutnya, materi 3, 4, dan 5 yang mencakup Tata Kelola Organisasi dan Sinkronisasi Program Kerja Muhammadiyah oleh Prof. Dr. H.Jamaluddin, S.Sos., M.Si (Bendahara PD Muhammadiyah Sidrap), Pluralisme Paham Keagamaan dan Tantangan Dakwah Muhammadiyah oleh Drs. H. Abd. Kalam Fattah., M.Kes (Sekretaris PD Muhammadiyah Sidrap), serta Kaderisasi, Pembinaan Ortom, dan Amal Usaha Muhammadiyah oleh Dr. H. Syamsu Tang,. M.Pd (Ketua PD Muhammadiyah Sidrap), akan disampaikan oleh pemateri yang kompeten.

Dalam upaya memperkuat ideologi dan organisasi Islam, Pengukuhan dan Peneguhan Ideopolitor Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Sidrap menjadi tonggak penting dalam perjalanan Muhammadiyah dan Aisyiyah untuk mengabdikan diri kepada masyarakat dan negara. Acara ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif dalam mewujudkan masyarakat Islam yang sebenarnya.(*)

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com