Sebaran.com, Makassar – Pagi yang cerah menyambut puluhan warga Perumahan Villa Permata Harapan dan PWI Jalan Dg Tata Raya Parangtambung saat berkumpul di depan pendopo perumahan. Dengan berbusana merah putih, dari suami, istri, hingga anak-anak, mereka tampil kompak untuk menyatukan semangat dalam jalan santai bersama.

Pukul 08.00 Wita, suasana semakin bersemangat dengan kehadiran karateka cilik yang menggunakan baju karate putih lengkap dengan sabuk. Para karateka ini berasal dari Perguruan Karate Wadokai Biru, yang mewakili Dojo Villa, Aura, dan Dojo Rimidi. Sebelum jalan santai dimulai, mereka memukau hadirin dengan aksi-aksi mengesankan yang memamerkan keahlian mereka.

Jalan santai ini sendiri menjadi momen penutup rangkaian acara dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia yang diusung dengan tema “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. Ketua Panitia HUT RI, Aras, menjelaskan bahwa serangkaian acara telah berlangsung sejak 13 hingga 20 Agustus 2023.

Bermacam kompetisi telah diadakan selama periode tersebut, menghibur baik anak-anak maupun orang dewasa. Anak-anak dapat menunjukkan kecerdasan mereka melalui cerdas cermat, serta keahlian olahraga dalam futsal, balap pipet, dan tiup bola air. Tantangan kreativitas juga dihadirkan melalui lomba jembatan kardus dan peras spons.

Tidak ketinggalan, orang dewasa juga meramaikan perayaan ini dengan kegiatan seperti pertandingan bulutangkis, tenis meja, domino, karaoke, dan senam zumba. Acara yang telah menjadi tradisi tahunan ini juga melibatkan malam ramah tamah sekaligus puncaknya, yaitu penyerahan hadiah kepada para pemenang.

Aras menambahkan, “Kami mengakhiri rangkaian acara ini dengan jalan sehat bersama seluruh warga perumahan, yang berjumlah lebih dari 100 kepala keluarga. Rute jalan santai membentang sepanjang dua kilometer mengitari Jalan Daeng Tata Raya. Kami juga menghadirkan hadiah door prize yang dibagikan kepada warga yang beruntung.”

Semua rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-78 RI ini diadakan atas partisipasi dan semangat warga Perumahan VPH-PWI. Seluruh biaya acara ini diwujudkan melalui sumbangan dari warga serta dukungan sponsor, dengan Kopi Kapal Api sebagai salah satu sponsor utama.

Ketua Perumahan VPH-PWI, Kahar Kalla, menegaskan bahwa kegiatan tahunan ini bukan hanya merayakan ulang tahun Indonesia, melainkan juga mempererat tali silaturahmi antara sesama warga perumahan. “Dengan aktivitas yang padat dalam keseharian masing-masing warga, melalui perayaan 17 Agustus ini, kami berusaha menjaga dan memperkuat tali persaudaraan di antara kami,” ungkap Kahar Kalla.(*)

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com