Sebaran Katasulsel.com, SIDRAP, — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidrap sukses melaksanakan kegiatan Gema Ramadhan.

Hal itu ditandai dengan penutupan kegiatan bertajuk Gema Ramadhan 1444 Hijriah dengan Tema ”Kuatkan Aqida, Perbaiki Akhlak, dan Sebarkan Kebaikan”.

Bupati Sidrap H.Dollah Mando mengapresiasi kegiatan ini dan berharap menjadi agenda rutin dijadikan kalender setiap tahun, sehingga potensi dan bakat keagamaan anak bisa tersalur.

Hal inipula ditekankan Bupati Sidrap saat menutup Gema Ramadhan yang dilaksanakan sejak tanggal 5 dan berakhir tanggal 15 April 2023 yang dipusatkan di pelataran Pasar dan Terminal Lawawoi, kelurahan Bangkai, kecamatan Watang Pulu.

Menurutnya program keagamaan ini merupakan wujud edukasi pemerintah dalam pembinaan rohani dan mental para pelajar agar menjadi teladan dalam menyebarkan kebaikan ditengah masyarakat.

“Kegiatan ini harus dijadikan agenda tahunan dan dilaksanakan setiap tahunnya karena ini merupakan kegiatan positif. Saya sangat mengapresiasi kegiatan seperti ini dan harus kita dukung karena kegiatan ini adalah kegiatan keagamaan yang tentu sangat mengedepankan nilai – nilai agama dalam bulan Ramadhan, “ kata Dollah.

Kegiatan Gema Ramadhan ini merupakan kegiatan Pemerintah Daerah bersama Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sidrap yang diaplikasikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sidrap dengan tujuan untuk mengedukasi pemahaman kepada siswa-siswi tentang hal-hal positif keagamaan.

“Hal ini bisa jadi panutan anak dengan membiasakan sejak usia sekolah dan menjadi evaluasi kepada siswa-siswi terhadap kegiatan pesantren kilat yang telah dilaksanakan di awal ramadan ini pada satuan pendidikan masing-masing,”tegas Dollah Mando.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidrap Faisal Sehuddin menambahkan kegiatan Gema Ramadhan ini merupakan kegiatan untuk menumbuhkan nilai-nilai norma agama, pembentukan ahlak dan mental rohani yang baik dimasa depan anak-anak kelak.

Adapun hasil kategori yang dilombakan untuk tingkat SD yakni lomba Hifdzil Qur’an (Kelas 1,2,3) dan Hifdzil Qur’an (kelas 4,5,6) dan lomba ceramah dan untuk tingkat SMP Hifdzil Qur’an dan Ceramah.

Berikut hasil akhir tim juri merangkum hasil perlomba masing-masing:

*KATEGORI SMP HIFSIL :

  1. SMP NEGERI 3 PANGSID
  2. SMP NEGERI 1 PANCA RIJANG
  3. SMP NEGERI 4 BARANTI
  4. SMP NEGERI 1 DUA PITUE
  5. SMP MUHAMMADIYAH RAPPANG

“CERAMAH SMP:

  1. SMP NEGERI 1 PANGSID
  2. SMP NEGERI 1 PANCA RIJANG
  3. SMP NEGERI 1 BARANTI
  4. SMP NEGERI 2 DUA PITUE
  5. SMP NEGERI 2 BARANTI

*KATEGORI SD
HIFSIL SD A:

  1. SDN 1 BENTENG
  2. SDN 2 RAPPANG
  3. SDIT AT TAUHID
  4. SDN 2 OTTING
  5. SDN 4 PANGKAJENE

*HIFSIL SD B:

  1. SDN 1 PANGKAJENE
  2. SDN 4 BENTENG
  3. SDN 1 ARAWA
  4. SDN 6 RAPPANG
  5. SDN 1 LISE

*CERAMAH SD:

  1. SDN 11 PANGKAJENE
  2. SDN 1 AMPARITA
  3. SDN 7 TIMORENG PANUA
  4. SDN 1 LISE
  5. SDN 1 ARAWA. (*)
Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com