KEPRI, Sebaran.com – Satpolairud Polres Karimun Polda Kepri menggelar patroli laut untuk memberikan himbauan kepada pemilik sarana laut ataupun yang bekerja dilaut,

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya mengantisipasi terjadinya musibah cuaca yang saat ini tidak menentu yakni cuaca ekstrim diKabupaten Karimun. Rabu (18/9/2024).

Sebagaimana arahan Kapolres Karimun AKBP Robby Topan Manusiwa S.I.K.M.H kepada Kasat Polairud Polres Karimun Iptu Sarianto, S.H. agar sentiasa memonitor kegiatan masyarakat yang sedang bekerja dilaut terutama nelayan.

“Pastikan masyarakat sudah memiliki alat keselamatan berlayar seperti Pelampung atau Life Jacket dan membawa alat komunikasi.apabila meminta bantuan dapat segera menghubungi Satpolairud Polres Karimun.” pesan Kapolres disampaikan Kasat Iptu Sarianto, S.H.

Kemudian, Kasat Polair Polres Karimun memerintahkan personel Polairud untuk melakukan pengecekan kelayakan berlayar kapal diperairan selat gelam guna memastikan memiliki alat pemadam api ringan (APAR) yang masih berfungsi dengan baik, sarana keselamatan berlayar seperti (Apar, Life Jacket dan Lifebuoy Ring) wajib di miliki setiap kapal yang beraktifitas dilaut.

”Cuaca saat ini tidak menentu dimana hujan dan angin kencang mengakibatkan gelombang laut tinggi yang tentunya sangat membahayakan aktifitas masyarakat yang sedang bekerja dilaut khususnya bagi para nelayan”, ujar Kasat Iptu Sarianto.

Dalam kesempatan tersebut, Kasat juga menghimbau kepada masyarakat ketika musim hujan disertai angin kencang agar selalu waspada dan perhatikan situasi dan kondisi di sekitar kita sebelum melanjutkan aktifitas kesehariannya,” tutup Kasat.

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com