KEPRI, Sebaran.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun menyatakan semua dokumen verifikasi administrasi pendaftaran tiga pasangan calon bupati dan wakil bupati Karimun untuk Pilkada 2024 memenuhi syarat.

Ketiga paslon bupati dan wakil bupati Karimun tersebut adalah Bakti Lubis Raja Bahtiar, Ing. Iskandarsyah – Rocky Marciano Bawole, Muhammad Firmansyah – Ery Suandi.

“Kelengkapan berkas verifikasi administrasi perbaikan ke tiga paslon sudah kami umumkan kemarin. Semua calon memenuhi syarat administrasi, belum ditetapkan baru diumumkan secara administratif memenuhi,” kata Ketua KPU Karimun, Mardanus, Sabtu 14 September 2024.

Syarat pencalonan ketiga paslon tersebut mengacu pada PKPU Nomor 2 Tahun 2024, Pasal 13 ayat (1) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 8 Tahun 2024, dan Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 1229 Tahun 2024.

Selanjutnya, penelitian persyaratan administrasi hasil perbaikan pasangan calon bupati dan wakil bupati Karimun 2024 tersebut diumumkan melalui website KPUD Karimun .

Dijelaskan Mardanus, meski semua administrasi ketiga paslon tersebut memenuhi syarat, namun masih ada tahapan lainnya, yakni menunggu masukan dan tanggapan dari masyarakat sebagai bagian dari tahapan pencalonan sebelum akhirnya ditetapkan pada 22 September 2024 mendatang.

“Kami menerima masukan dan tanggapan masyarakat terhadap keabsahan persyaratan pasangan calon bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Karimun Tahun 2024 terhitung dari tanggal 15 sampai 18 September 2024,” ujarnya.

Mardanus menjelaskan masukan dan tanggapan bisa disampaikan langsung ke kantor KPUD Karimun atau melalui laman resmi KPU Karimun.

Selanjutnya, usai masa tanggapan dan masukan masyarakat, pihaknya akan menggelar rapat pleno untuk menetapkan paslon  pada 22 September 2024.

Sehari kemudian pada 23 September 2024, lanjutnya, KPU Karimun melakukan rapat pleno tentang pengundian nomor urut paslon dengan mengundang pasangan calon dan diikuti dengan melakukan deklarasi pemilu damai,ucap Mardanus.

Ia mengatakan untuk Proses kampanye akan dimulai 25 September 2024.

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com