KEPRI, Sebaran.com — Sebaran com – TNI-Polri dari Polsek Tebing Polres Karimun Polda Kepri dan Danramil Tebing Lettu L. Sihalolo bersama warga sekitar bergotong royong membersihkan lingkungan dari sampah dalam rangka menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sekitar.

Kapolsek Tebing AKP Binsar Samosir, SH, MH mengatakan kegiatan ini sebagai wujud kepedulian TNI-Polri terhadap lingkungan, serta meningkatkan peran aktif masyarakat tanggap terhadap kebersihan lingkungan.

“Sesuai arahan Bapak Kapolres Karimun AKBP Robby Topan Manusiwa, gotong royong ini dalam upaya meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam kebersihan lingkungan,” kata Binsar, Perwira dengan tiga balok di pundak tersebut.

Kapolsek mengatakan Kegiatan gotong royong yang melibatkan unsur pemerintah daerah ini dipusatkan di dua lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) di Kecamatan Tebing , yakni di Tempat penampungan Sampah (TPS) Bagunsari RT 03 RW 03 Kelurahan Harjosari serta di Tempat penampungan Sampah (TPS) Perum Sinar Indah 3 RT 03 RW 03 Kelurahan Tebing Kecamatan Tebing.

Di lokasi tersebut terdapat sampah yang menumpuk yang merusak pemandangan dan kebersihan lingkungan sekitar kawasan TPS.

Gotong royong dilaksanakan secara manual, masyarakat bersama anggota TNI-Polri membawa pengki atau serokan, sapu dan alat tradisional lainnya, bahu membahu membersihkan sampah yang berserakan dan menumpuk di kawasan tersebut.

Kapolsek Tebing, AKP Binsar mengatakan pembersihan sampah di TPS dilakukan dengan cara gotong royong dan mengunakan 2 unit loader Caterpillar serta 10 unit truk dan mengangkut sampah dari TPS menuju TPA Sememal Kel. Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat.

“Dua unit loader serta 10 unit truk sampah disiapkan untuk mengangkut sampah di TPS tersebut, selanjutnya dibawa menuju ke TPA Sememal,Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat. Sebanyak 18 trip sampah diangkut dari lokasi ke TPA, ungkapnya.

Kapolsek menambahkan, gotong royong ini juga wujud dari kebersamaan dan kepedulian TNI-Polri sebagai abdi negara ikut berperan aktif di tengah masyarakat membantu menyelesaikan persoalan di masyarakat, khusus masalah sampah.

“Gotong royong ini tidak hanya menjalin kedekatan antara Polsek dan warga, tetapi juga membangun sinergi untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan aman,” ucap Binsar.

Selain itu, Ia berharap kegiatan Goro ini dapat membangkitkan semangat masyarakat bergotong royong dan mencintai kebersihan lingkungan dan dengan Kehadiran Polri ditengah – tengah masyarakat menjadikan Polri semakin dicintai, kata Binsar menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolsek Tebing pembersihan sampah di dua Tempat Penampungan Sampah (TPS) di wilayahnya mengerahkan sejumlah personel untuk membantu membersihkan tumpukan sampah.

“Harapan kami masyarakat tidak lagi membuang sampah sembarangan karena selain merusak pemandangan, menimbulkan pencemaran lingkungan dari bau dan air lindi sampah yang ditimbulkan, yang berpotensi menimbulkan penyakit,” kata Binsar.

Untuk diketahui, Pulau Karimun, Kabupaten Karimun saat ini sedang mengalami keadaan darurat dalam penanganan sampah dan TNI-Polri bersama masyarakat mengambil peranan penting memberikan solusi penyelesaian dengan langkah pasti guna mengurangi keluhan masyarakat khususnya warga Kecamatan Tebing.

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com