KARIMUN, Sebaran.com  – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Karimun mengevaluasi 3 ular piton sepanjang 3 hingga 4 meter yang bersarang di belakang rumah warga.

“Kami kembali mengevakuasi ular jenis piton yang berada di rumah salah satu warga di Perumahan Griya Sidorejo Indah ,” kata Kabid Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran BPBD Kabupaten Karimun Hendra Hidayat, Minggu (8/9/2024).

Sebanyak tiga ekor ular jenis piton itu ditemukan bersarang di belakang rumah warga dan berpotensi membahayakan warga sekitar sekitar pukul 08:30. Selanjutnya, Warga langsung melapor ke Damkar BPBD Karimun terkait keberadaan ular tersebut.

Tim Rescue Damkar Karimun itu
mengaku pihaknya langsung menuju tempat kejadian dan melakukan evakuasi. Petugas Damkar tidak mengalami kendala saat mengevakuasi ular piton tersebut.

“Warga tersebut sempat kaget ada ular yang bersarang di belakang rumahnya, langsung datang ke kantor laporkan. Langsung kita evakuasi, ular piton ada 3 ekor cukup besar kurang lebih 3 hingga 4 meter panjangnya,” ungkapnya.

Hendra menuturkan proses evakuasi berlangsung selama 5 jam, satu persatu berhasil dikeluarkan dari sarang dan kemudian diamankan oleh Tim BPBD Damkar.

“Proses evakuasi membutuhkan waktu lama, karena kami harus mengeluarkan satu persatu ular tersebut, dan kemudian memastikan tidak ada lagi ular di dalam sarang tersebut,” kata Hendra.

Ia mengungkapkan proses evakuasi yang berjalan cukup panjang itu menjadi tontonan warga yang berada disekitar lokasi.

Setelah upaya evakuasi berhasil, kata dia, ular piton itu langsung dilepasliarkan di habitat yang jauh dari pemukiman warga, ucapnya.

“Kami akan melepaskan ular tersebut kembali ke habitat yang jauh dari pemukiman, sehingga tidak menganggu dan membahayakan masyarakat,” tutupnya mengakhiri

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com