SIDRAP, Sebaran.com – Ratusan peserta berkumpul dalam acara Cooling System dalam rangka Deklarasi Pilkada Damai oleh Tiga Pilar Forkopimda dalam hal ini Kapolres Sidrap, Pj. Bupati Sidrap dan Dandim 1420/Sidrap yang berlangsung dengan meriah di Gedung Masyarakat Pangkajene Sidrap.

Acara yang diinisiasi oleh Polres Sidrap ini bertujuan untuk menjaga situasi tetap kondusif menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Kegiatan tersebut diwarnai oleh semangat persatuan yang terlihat dari penggunaan kacu merah putih oleh peserta.

Kacu merah putih yang dikenakan melambangkan semangat nasionalisme dan persatuan di tengah dinamika politik. Peserta deklarasi terdiri dari TNI-Polri, Lurah/Kades, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama serta Tokoh Adat turut berikrar untuk menjaga keamanan serta ketertiban selama berlangsungnya proses Pilkada.

Semua pihak yang terlibat ditekankan untuk terus menjalin komunikasi intensif dengan masyarakat guna mencegah potensi konflik. Selain itu, pemetaan wilayah rawan juga dilakukan agar langkah preventif dapat diambil secara cepat dan tepat.

Kapolres Sidrap, AKBP Dr. Fantry Taherong, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Cooling System 3 Pilar dalam rangka Deklarasi Pilkada Damai ini adalah langkah penting dalam memastikan situasi yang aman dan damai selama masa kampanye hingga hari pemilihan.

“Kami berharap dengan adanya deklarasi ini, semua pihak dapat bersinergi, bekerja sama untuk menjaga stabilitas daerah dan menjalani proses demokrasi dengan damai, hindari money politik dan isu-isu yang belum tentu benar adanya (Hoax) serta Black campaign,” ungkap Kapolres.

Pemda dalam hal ini Pj. Bupati Dr. Ns. H. Basra. S. Kep.,M.Kes, ikut mengapresiasi kegiatan Cooling System ini dan berkomitmen mendukung penuh suksesnya Pilkada yang damai dan demokratis, “Kami atas nama pemerintah daerah sudah berkomitmen mendukung penuh suksesnya Pilkada di Kab. Sidrap yang damai, jujur, adil dan bermartabat. ” terang H. Basra

Sementara Dandim 1420 Sidrap, LETKOL Inf. Awaloeddin, menegaskan bahwa pihaknya siap mendukung penuh upaya Polres Sidrap dalam menjaga stabilitas daerah. “Kami selalu siap bersinergi dan bertindak bersama untuk mengantisipasi segala bentuk gangguan keamanan, mari kita saling merangkul satu sama lain untuk menumbuhkan semangat persatuan dan nasionalisme,” tambahnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan doa bersama untuk kesuksesan Pilkada 2024 di Kabupaten Sidrap. (*)

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com