KARIMUN, Sebaran.com – Satpolair Polres Karimun berhasil melakukan evakuasi terhadap Kapal Motor (KM) Hendi Indah yang kandas di depan perairan Kolong Kelurahan Sungai Lakam Barat Kecamatan, Karimun. Rabu (4/9/2024).

Kejadian berawal Rabu, (4 /9/2024) sekira pukul 07.00 WIB. Kapal Motor dengan nama Hendi Indah GT 6 Itu diketahui sedang berlabuh disekitaran Pelabuhan Kolong, Kelurahan Sungai Lakam Barat Kecamatan Karimun sembari untuk menunggu air laut pasang. Namun, sekira pukul 07.00 WIB, kapal tersebut terbawa arus dan mengalami kandas tak jauh dari pelabuhan atau jaraknya tiga mil dari pinggir pantai.

Kasat Polairud Polres Karimun Iptu Sarianto dalam keterangannya mengatakan, kapal motor Hendi Indah sebelum kejadian diketahui berlayar dari Sengkuang, Pulau Batam dengan tujuan Kabupaten Karimun. Namun kapal itu mengalami kandas saat sedang berlabuh menunggu air laut pasang untuk masuk ke Pelabuhan Rakyat di kawasan Kolong, Kecamatan Karimun, ujarnya.

“Kejadian kandas itu terjadi sekira pukul 07.00 WIB, kapal itu bermuatan sayur-sayuran, sembako dan beberapa barang lainnya,” kata Sarianto, Rabu, 4 September 2024.

Ia menuturkan, KM Hendi Indah itu sempat terbawa arus laut, dan kemudian kandas. Usai mendapatkan informasi dari nahkoda kapal, Satpolairud Polres Karimun langsung bergerak cepat menuju lokasi guna melakukan upaya evakuasi dan berhasil menyelamatkan tiga orang kru yang ketika itu masih berada diatas kapal.

Pada saat itu, diketahui juga bahwa tiga kru KM Hendi Indah tengah sedang melakukan upaya mengeluarkan air dari dalam kapal, ucapnya.

“Saat kejadian cuaca lagi hujan disertai angin cukup kencang . Meski demikian , proses evakuasi berlangsung lancar, kru dan kapal berhasil kami evakuasi,” ungkap Kasatpolair Karimun Iptu Sarianto.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kapal kandas itu. Hanya, kerugian materiil ditaksir sebesar 30 juta rupiah, kata Sarianto menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Karimun AKBP Robby Topan Manusiwa berpesan melalui Kasatpolair “agar mengingatkan kepada masyarakat terutama bagi masyarakat yang bekerja dilaut maupun pemilik kapal supaya tetap waspada dengan keadaan cuaca ekstrim yang tidak menentu.

“Pastikan cuaca sudah dalam keadaan baik untuk bekerja serta bekali diri dengan alat pengaman berupa pelampung atau life jaket demi kenyamanan mencari nafkah dilautan,” pesan Kapolres Karimun

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com