Sidrap, Sebaran .com — Menyikapi pemberitaan terkait deklarasi dukungan atas nama Banser Sidrap kepada salah satu pasangan calon di Pilkada Sidrap 2024, Ketua GP Ansor Sidrap, Agus Rasyid Butu, memberikan klarifikasi resmi, Selasa, (3/9).

Agus menegaskan bahwa GP Ansor Sidrap secara kelembagaan tidak berpihak pada salah satu pasangan calon.

Hal ini sejalan dengan surat edaran PP GP Ansor terkait Pilkada Serentak yang menginstruksikan struktural Ansor untuk ikut serta menyukseskan Pilkada Serentak dengan berpegang pada nilai demokrasi, memberikan pendidikan politik, dan melarang keras dukungan kelembagaan kepada pasangan calon.

“GP Ansor Sidrap berkomitmen untuk menjaga netralitas dan tidak memihak dalam Pilkada 2024. Kami fokus pada upaya untuk memberikan pendidikan politik kepada kader dan masyarakat, serta mendorong terselenggaranya Pilkada yang damai dan demokratis,” ujar Agus.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa jika ada kader Ansor atau Banser yang secara personal memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon, hal tersebut merupakan hak politik individu dan tidak dilarang.

“Setiap kader Ansor dan Banser memiliki hak politik yang mandiri. Kami menghormati pilihan politik mereka,” tegasnya.

Agus Rasyid Butu mengajak seluruh elemen masyarakat di Sidrap untuk bersama-sama mensukseskan Pilkada Serentak 2024 dengan tetap menjaga kondusifitas dan berpolitik dengan riang gembira.

“Mari kita ciptakan Pilkada yang damai, demokratis, dan bermartabat,” pungkasnya.

Klarifikasi ini diharapkan dapat meluruskan informasi yang beredar di masyarakat dan menegaskan komitmen GP Ansor Sidrap dalam menjaga netralitas dan mendukung terselenggaranya Pilkada yang demokratis dan berintegritas. (*)

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com