KARIMUN, Sebaran.com – Dalam rangka kesiapan pengamanan tahapan-tahapan menuju Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024, Polres Karimun menggelar kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) yang di laksanakan di Panggung Putri Kemuning Coastal Area Kabupaten Karimun. Senin (26/8/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Karimun H. Anwar Hasyim, M.Si, Kapolres Karimun AKBP Robby Topan, FKPD Kabupaten Karimun beserta tamu undangan lainnya.

Dalam apel gelar pasukan, Kapolres Karimun AKBP Robby Topan Manusiwa menyematkan pita operasi tanda dimulainya Operasi Mantap Praja 2024 di Kabupaten Karimun, selanjutnya Kapolres Karimun beserta Forkopinda, KPU dan Bawaslu memeriksa pasukan.

Dalam amanatnya, Kapolres Karimun AKBP Robby Topan Manusiwa menyampaikan apel gelar pasukan ini merupakan bentuk kesiapan personel dalam rangka Operasi Mantap Praja 2024, sehingga pilkada tahun 2024 di Kabupaten Karimun.

“Diharapkan dapat terselenggara dengan aman dan lancar. Dalam pengamanan pilkada tahun 2024 di Kabupaten Karimun, Polres Karimun dibantu oleh TNI, instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya, ungkap Kapolres Karimun AKBP Robby Topan Manusiwa.

Kapolres mengatakan Operasi Mantap Praja Seligi Tahun 2024 di Kabupaten Karimun, dilaksanakan selama 127 hari terhitung mulai tanggal 27 Agustus 2024 hingga 31 Desember 2024, meliputi tahapan pendaftaran pasangan calon, kampanye, masa tenang, pemungutan suara dan perhitungan suara, penetapan hasil pemilihan, pengucapan sumpah/janji, pelantikan paslon terpilih,terangnya.

” Sebanyak 288 personel, terdiri dari 238 personel dari Polres Karimun, 50 personel dari Polda Kepri, yang nantinya akan di tampilkan dalam peragaan simulasi pengamanan pilkada tahun 2024 di Kabupaten Karimun. ” ujar Kapolres Karimun.

Kapolres mengatakan tujuan Operasi Mantap Praja Seligi Tahun 2024 untuk terciptanya keamanan, kelancaran dan ketertiban, pada setiap tahapan pilkada tahun 2024 di wilayah Kabupaten Karimun.” Tambah AKBP Robby Topan Manusiwa, S.I.K., M.H.

Setelah usai pembacaan amanat, Kapolres Karimun meninjau kegiatan pengamanan simulasi Sispamkota yang menggambarkan skenario pengamanan pasca pemungutan suara di Kabupaten Karimun.

Dalam simulasi Sispamkota Pilkada serentak 2024, Polres Karimun
digambarkan adanya potensi kerusuhan akibat unjuk rasa masyarakat yang tidak puas dengan hasil pemilu. Tim Dalmas Polres Karimun berupaya meredam situasi melalui dialog, namun ketika massa mulai anarkis, polisi melakukan tindakan tegas untuk mengamankan situasi.

Simulasi ini menunjukkan keseriusan Polres Karimun dalam mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan terburuk selama Pilkada.

Dengan langkah antisipatif dan pendekatan yang terukur, Polres Karimun berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban, sehingga Pilkada Serentak 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Kegiatan Sispamkota Pilkada serentak 2024, Polres Karimun memperagakan pengamanan apabila terjadinya peningkatan Kontijensi. Digambarkan sekelompok masyarakat yang merasa tidak puas akan keputusan KPU dan terjadi tindakan anarkis sehingga Polres Semarang melakukan langkah pengamanan kejadian tersebut. 

Wakil Bupati Karimun H Anwar Hasyim , menyampaikan ucapan terimakasih kepada Polres Karimun atas kegiatan simulasi Sispamkota. Pihaknya menaruh harapan besar dalam Pilkada Serentak 2024 bisa berjalan aman dan damai.

“Kami ucapkan terimakasih kepada Pak Kapolres dan jajaran yang telah menunjukkan kesiapsiagaan dalam pengamanan Pilkada. Kami berharap semoga kejadian dalam simulasi ini hanya terjadi disini tidak terjadi di wilayah Kabupaten Karimun ,” harapnya. 

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com