KARIMUN, Sebaran.com – Ratusan peserta dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK/ dan Umum di Lingkup Pemerintah Kabupaten Karimun turut andil memeriahkan kegiatan gerak jalan yang digelar selama dua hari oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun.

Dilepas secara resmi oleh Bupati Karimun Aunur Rafiq di Panggung Putri Kemuning, Costal Area. Kegiatan gerak jalan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2024, Sabtu (24/8/2024), pagi.

Turut hadir pada kesempatan itu diantaranya Wakil Bupati Anwar Hasyim, FKPD dan Pimpinan OPD serta masyarakat.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam sambutannya menyampaikan dengan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan menjadi contoh positif bagi generasi muda sebagai wujud kecintaan terhadap negara kesatuan Republik Indonesia .

“Mudah-mudahan ini dapat menunjukan semangat rasa nasionalisme dan cinta kepada tanah air, khususnya di Kabupaten Karimun,” ujar Aunur Rafiq.

Ia menjelaskan, dengan adanya kegiatan lomba gerak jalan di Coastal Area ini dapat memberikan hiburan kepada masyarakat dan tentunya terjadi perputaran ekonomi bagi UMKM.

Kadispora Karimun, Usman menyampaikan, Tahun ini, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun melaksanakan dua kelompok gerak jalan yakni 10 KM untuk putri dan 17 KM untuk putra dan umum .

Setelah pelaksanaan hari ini, kelompok kategori SD putra putri dan SMP putra putri akan menyusul pada Minggu (25/8/204) esok hari, ujarnya.

“Total ada 130 peserta yang ikut dalam kegiatan pada pagi hari ini. Ratusan peserta gerak jalan kategori SMA hingga umum hari ini penuh semangat mengikuti kegiatan gerak jalan putra 17 km dan putri 10 km ” kata Usman.

Ia menjelaskan untuk jarak 8 KM, kita khususkan bagi peserta pelajar SD. Sedangkan jarak 10 KM untuk peserta puteri umum, putera dan puteri pelajar SMP, dan puteri pelajar SMA, Sementara 17 KM untuk peserta putera umum, dan putra SMA,” ungkap Usman.

Adapun juri pada lomba gerak jalan yang dilibatkan dalam kegiatan ini bersumber dari guru SD guru SMP guru SMA. Kemudian dari POLRI dari TNI akademisi, dan dari Satpol PP, katanya.

Kadis Usman berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan ke depannya sebagai bagian dari upaya memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di Kabupaten Karimun.

Dalam kesempatan tersebut, Dirinya pun mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat yang ingin berpartisi dalam kegiatan ini. Meskipun gerak jalan tahun ini digelar secara sederhana. 

“Ada empat kategori yang diperlombakan, yakni TNI-Polri, OPD, Masyarakat, dan Pelajar,” ujarnya.

Pelaksanaan gerak jalan dikatakan Usman merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, katanya.

“Hari ini kita lepas kategori SMA/SMK dan Umum, besok kita lepas kategori SD dan SMP ,” ujar Usman.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Karimun, Usman mengatakan Total hadiah ratusan juta, kita juga berikan piagam dan uang pembinaan,” katanya

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com