Bogor, Sebaran.com — Setelah sebelumnya mengunjungi sentra sapi perah di Pasuruan, Jawa Timur, Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak, SE melanjutkan agenda kerjanya dengan mengunjungi sentra kambing perah di Morning Sun Dairy Farm (MSD Farm), Bogor.

Dalam kunjungan yang didampingi oleh Kepala Dinas Peternakan, Keswan, dan Perikanan ini, Bupati Andi Kaswadi Razak menyampaikan visi strategisnya untuk mengembangkan ekonomi Kabupaten Soppeng. “Kabupaten Soppeng memiliki beberapa wilayah yang sangat potensial untuk pengembangan ternak perah, terutama kambing perah,” ujarnya.

Bupati Kaswadi menjelaskan bahwa topografi dan ketersediaan hijauan pakan di Soppeng sangat mendukung untuk usaha peternakan ini. Selain itu, masyarakat setempat membutuhkan asupan protein hewani, khususnya susu, yang bermanfaat bagi anak-anak, remaja, dan orang dewasa. “Prospek bisnis ini sangat menjanjikan,” tambahnya.

Pengelola MSD Farm, Eru Gunawan, menyambut hangat kunjungan ini. MSD Farm sendiri beroperasi di lahan seluas 8 hektar dengan populasi 200 ekor kambing perah dari berbagai jenis, seperti Saanen dan Sapera.

“Kondisi di MSD Farm mirip dengan Soppeng, sehingga kami berencana untuk melakukan pengembangan secara terbatas seperti yang dilakukan di Bogor ini,” tandas Bupati Andi Kaswadi Razak.

Rencana pengembangan ini merupakan bagian dari usaha berkelanjutan di akhir masa kepemimpinan Bupati Kaswadi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Soppeng melalui sektor peternakan.

Dengan adanya kunjungan dan rencana pengembangan ini, diharapkan Kabupaten Soppeng dapat menjadi salah satu sentra kambing perah di Sulawesi Selatan, memberikan kontribusi positif bagi perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat. (*)

Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com