KARIMUN, Sebaran.com – Pada November mendatang, Pemerintah Kabupaten Karimun akan menyelenggarakan Pilkada serentak, yaitu Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati (Pilbup).

Tanpa disadari pesta demokrasi identik dengan situasi yang rawan konflik. Untuk itu dibutuhkan partisipasi serta kepedulian seluruh pihak agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan lancar, aman, dan kondusif.

Hal tersebut disampaikan Bupati Karimun H Aunur Rafiq dihadapan para tokoh agama dan tokoh masyarakat dalam acara Silaturahmi Dalam Moderasi Beragama dengan tema “Kita Pelihara Kebersamaan, Tumbuhkan Toleransi dan Kerukunan Guna Mewujudkan Kamtibmas yang Tentram Jelang Pilkada 2024 di Kabupaten Karimun ” bertempat di Hotel Aston Karimun, Jumat (19/7/2024).

”Tentunya melalui acara Silaturahmi Dalam Moderasi Beragama bekerjasama dengan Badan Koordinasi Mubalig Indonesia Kabupaten Karimun dan Polda Kepri, kita meminta kepada para tokoh agama, para tokoh masyarakat dan seluruh yang hadir di ruangan ini , untuk sama-sama menjaga kondisi agar kondusif saat pelaksanaan Pemilu-Kada (Pilkada) agar dapat berjalan aman, sukses, dan tentunya kondusif,”kata Bupati.

Dalam menjaga kondusifitas wilayah, banyak dihadapkan pada berbagai isu seperti konflik sosial, penyebaran berita hoaks, dan tindakan-tindakan yang dapat memecah belah persatuan. Oleh karena itu, komunikasi dan koordinasi yang baik sangat diperlukan, ungkap Bupati

Melalui Sosialisasi ini, Bupati Karimun Aunur Rafiq berharap dapat merumuskan strategi-strategi yang efektif dalam menjaga Kondusifitas.

”Mari kita tingkatkan kerjasama, saling bertukar informasi, dan mencari solusi terbaik untuk setiap permasalahan yang ada. Dengan demikian, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman, harmonis, dan sejahtera bagi seluruh warga,” pungkasnya.

Sementara di akhir acara , Ketua Badan Koordinasi Mubalig Indonesia Kabupaten Karimun Nurbit Siman membacakan komitmen Bersama Kami Segenap Elemen Masyarakat Kabupaten Karimun menyatakan sebagai berikut :

  1. Siap Menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia Berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.
  2. Siap Menjaga Keamanan Dan Ketertiban Penyelenggaraan Pemilian Gubernur dan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Serta Bupati dan Wakil bupati Karimun Tahun 2024 di Kabupaten Karimun.
  3. Siap Memelihara Kebersamaan dan Menumbuhkan Toleransi dan Kerukunan Guna Mewujudkan Kamtibmas yang Tentram Jelang Pilkada 2024 di Kabupaten Karimun. (JN).
Dapatkan berita terbaru di Sebaran.com